NGOPI CANTIK #5 : How to Write a Good Beauty Article?

February 22, 2018

Assalamualaikum,

Mungkin, kalian abis baca judulnya bingung kali ya? Postingan kali ini tentang apa? Tentang cafe? Coffee shop? Bukan guys, kali ini aku mau bahas tentang kelas online yang diadakan sama Beautiesquad (BS). Jadi, Beautiesquad ini salah satu komunitas blogger yang aku ikuti. Nah, sebenrnya Ngopi Cantik atau NgopCan ini udah sering mereka adain dengan tema yang beda-beda tapi aku baru sempet ikut yang ke-5 ini. Untuk Ngopi Cantik #5 ini BS kerja sama dengan Beauty Journal (BJ). Pihak BJ sendiri menjadi pemateri dalam kelas online ini. Gak tanggung-tanggung Content Writter BJ yang langsung jadi pemateri Ngopi Cantik kali ini, namanya Ka Griss.

Nah, kali ini aku akan sharing ke kalian apa aja materi dan ilmu-ilmu yang aku dapet saat Ngopi Cantik #5 : How to Write a Good Beauty Article? Kemarin, yuks langsung di simak J

~ Ide ~

Contoh gambar yang bisa dijadikan Ide menulis. Sumber : Website
Pasti sebelum kita buat blogpost atau konten dalam jenis apapun hal pertama yang di cari adalah Ide. Tapi, gak jarang dari kita udah niat mau nulis sesuatu tapi mentok idenya dan bingung mau nulis dengan gaya dan kerangka kayak gimana. Nah, Ka Griss kasih tips gimana cara cari Ide saat kita lagi mentok idenya.
Pertama, kita bisa lebih peka sama lingkungan sekitar kita. Lihat apa aja yang lagi trend di sekitar kita yang bisa dijadikan ide nulis atau membuat konten.
Kedua, kita bisa surfing di sosial media. Cari-cari hastag yang lagi trend di Instagram, Youtube, atau Twitter.
Ketiga, kita bisa perhatikan teman-teman kampus, kantor, atau keluarga. Produk atau hal apa yang lagi sering mereka cari atau bicarain. Mereka lagi suka pakai produk apa.
Keempat, cari di Google. Google punya satu feature namanya Google Trends, yang bisa kita pakai untuk cari keywords atau kata kunci apa yang lagi banyak orang cari di Google.
Kelima, kalau sudah dapet ide dari berbagai sumber, jangan lupa di catat (tulis ataupun ketik) jadi gak lupa dan bisa jadi ide untuk postingan selanjutnya.
Keenam, buat folder atau buku khusus untuk catat ide-ide yang kamu dapat. Wadah untuk nyimpen ide ini sesuai dengan kalian, lebih suka di laptop, HP, atau notebook.

Artikel ~

Ide udah aman, satanya lanjut ke artikel. Kalau kita udah dapet ide mau buat konten apa pasti lebih mudah untuk nulis dijadiin kedalam bentuk artikel. Tapi, Ka Griss jelasin kalau Artikel itu sebenernya ada beberapa jenis dan semuanya bisa kita manfaat untuk dijadikan konten dalam beauty blog kita. Untuk jenis-jenis artikel, Ka Griss jelasin ada 5 jenis artikel yang bisa kita jadikan konten dalma beauty blog kita.
Pertama, Produk Rekomendasi. Dalam jenis ini, kita bisa rekomendasiin produk yang sudah pernah kita coba kepada pembaca kita.
Kedua, Review. Kayaknya untuk jenis artikel ini udah banyak kita buat, karena biasanya beauty blogger akan nulis pengalamannya setelah menggunakan suatu produk ataupun jasa.
Ketiga, Tips. Nah, jenis artikel yang ini lumayan sering diangkat menjadi konten di blog tapi agak tricky dalam membuatnya. Menurut Ka Griss, sata kita membuat artikel menganai Tips, usahakan alat, bahan, dan cara mebuatnya sesimpel mungkin jadi pembaca mudah mendapatkan alat dan bahan serta ada unsur manfaat bagi pembaca.
Keempat, Tutorial. Dalam jenis artikel ini usahakan membuat langkah-langkah yang mudha dimengerti pembaca dan simple. Selain itu jangan lupa sisipkna foto atau video sehingga pembaca tidak bosan dalam membaca turialnya.
Kelima, Interview. Yap, jadi kita sebagai blogger bisa lho bikin konten interview. Kita bisa memanfaatkan event yang kita datangi. Biasanya kita udah tau evet yang bakal kita datangi ngundang pembicara atau pemateri siapa nah kita bisa datengin pembicara atau pemateri yang ada di event tersebut dan meminta waktu sebentar untuk wawancara, jangan lupa kita sudah harus nyiapin pertanyaannya ya ^^.

Pengembangan Ide ~

Kalau kita sudah dapet ide serta nentuain jenis artikel apa yang akan kita buat, kita harus ngembangin ide tersebut. Tiap jenis artikel punya poin masing-masing yang bisa ditonjolkan. Seperti review, kita buat sedetail mungkin dengan foto yang mendukung. Info detail produk yang di review meliputi box, kemasan, tekstur, bahan, harga, hingga dimana tempat kita bisa membeli produk tersebut.
Untuk jenis rekomendasi, kita bisa jelaskan tentang produk yang kita rekomendasiin dengan singkat, padat, dan jelas. Keunggulan apa aja yang ada di produk yang kita rekomendasikan. Selanjutnya artikel jenis Tips. Seperti yang aku jelaskan diatas, untuk membuat tips usahakan se praktikal mungkin dan bermanfaat bagi pembaca. Jangan membuat pembaca kesulitan dalm mencari alat dan bahan jika ingin membuat pembaca benar-benar merasakaan manfaat dan mencontoh apa yang kita buat. Serupa dengan Tips, artikel Tutorial juga usahakan buat sesimpel mungkin sehingga pembaca mudah mengikutinya. Untuk tutorial juga usahakan menggunakan foto pendukung.
Last but not least, interview. Jenis ini agak sedikit lebih menantang karena ya kita harus mencari narasumber untuk bahan artikel kita. saat melakukan interview usahakan kita sudah mempunya list pertanyaan, sehingga wawancara dapat berjalan lebih teratur dan usahakan hindari pertanyaan umum, boleh saj amenggunakan pertanyaan umum tetapi hanya untuk membangun mood interview.

Struktur Artikel

Sumber : Website
Setelah sudah mendapatkan gambaran tentang artikel apa yang akan dibuat, kita bisa melanjutkan dengan membuat struktur artikel. Maksudnya kita akan membuat kerangka artikel. Kita susun artikel kita mulai dari pembukaan, isi, hingga penutupan. Tujuannya supaya mempermudah kita mengembangkan ide dan menulis. Setalah itu, kalian bisa mulai menulis beauty article kalian 😉 
Mengutip kata Ka Griss
“Artikel yang bagus akan mendorong pembacanya untuk ikut mencoba, merasakan suara/opini dari penulis.”


Oke, I think that’s enough for today post and hope you guys enjoy reading my blog. Semoga postingan aku kali ini bermanfaat buat kalian yang lagi merintis jadi beauty blogger atau yang udah jadi beauty blogger sekalipun, kalau ada ide, kritik, dan saran tinggalin di komen bawah dan jangan lupa untuk follow blog ini & like fanspage The Wonderland di facebook supaya gak ketinggalan blogpost update dari aku. Terima kasih sudah mampir dan baca ke The Wonderland. See you on my next blogpost, have a nice day ^^



 

Wassalamualaikum

Not allowed to copy & paste photo/post without permission
Copyright of www.kartikaryani.com

You Might Also Like

7 Comment

  1. OMG, aku pengen banget ikutan online class ini tp terhalang waktu terus.
    Thank you for sharing, aku tetep dpt ilmunya walaupun ga ikutan kelasnya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga next time bisa ikutan, soalnya seru banget. Bener-bener materinya sesuai sama kebutuhan blogger gitu. Sama-sama, alhamdulillah kalau ngebantu yang bisa ikutan online classnya ^^

      Delete
  2. Ahhh untunglah bisa tahu sedikit tips-tipsnya Kak Griss walaupun ga bisa ikut classnya.
    Makasih udah share <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Alhamdulillah kalau membantu kamu juga. semoga next time bisa ikutan juga online classnya. Dan semoga yg aku share tentang online class kearin juga bermanfaat buat kita jadi blogger yang lebih baik ^^

      Delete
  3. Wahh bisa jadi refrensi nih 😄

    Nakawrin.blogspot

    ReplyDelete
  4. Waktu itu gk sempat ikutan, akhirnya dipost, jdi tau juga deh aku. Makasih ya sharingnya.


    www.agnesiarezita.com

    ReplyDelete
  5. Makasih kak udah share dan ngasih tips2 nya. Sangat membantu banget 💕

    ReplyDelete

Warung Blogger

Warung Blogger

Blogger Ceria

Blogger Ceria

Kumpulan Emak Blogger